Gejala dan Tanda Adanya Tumor Di Rahim (Uterus)

Mengenal Gejala dan Tanda Adanya Tumor Di Rahim / Uterus

Mengenali gejala dan tanda dari suatu penyakit tentu saja dapat membantu pengobatan dan perawatan penyakit lebih cepat.

Semakin cepat gejalanya dikenali, penyakitnya pun akan lebih mudah diobati.

Untuk itu pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai gejala dan tanda tumor rahim (uterus) yang mungkin harus Anda tahu, terutama para wanita. Yukk langsung saja simak penjelasannya di bawah ini!

Gejala dan Tanda Adanya Tumor Di Rahim (Uterus)

Gejala dan Tanda Adanya Tumor Di Rahim (Uterus)

Tumor uterus atau rahim merupakan salah satu jenis penyakit yang sulit diidentifikasi, terutama secara kasat mata. Untuk itu diperlukan bantuan medis untuk melihat ada atau tidaknya tumor di rahim Anda.

Gejala Tumor Uterus Tahap Awal

Sayangnya, sampai saat ini tak ada yang merasakan gejala awal akan keberadaan tumor uterus dalam rahim merekan, sehingga kondisi ini kian parah. Hal ini berdasarkan pada pemeriksaan medis yang dilakukan pasien ketika rasa tidak nyaman mengganggu aktivitas.

Sebenarnya pada beberapa wanita yang cukup peka terhadap kondisi tubuh mereka, tumor uterus dapat dicurigai saat sering buang air kecil atau sembelit yang disertai dengan tekanan di panggul dan sakit punggung serta kaki.

Tumor uterus juga dapat dikenali saat Anda menstruasi.

Coba perhatikan, berapa lama periode menstruasi berlangsung. Jika ini terjadi lebih dari 7 hari dan darah yang dikeluarkan tampak lebih banyak dari biasanya, Anda sebaiknya segera kunjungi dokter. Karena dikhawatirkan itu merupakan tanda adanya tumor atau mungkin penyakit lain yang berhubungan dengan organ reproduksi Anda.

Gejala tumor uterus yang paling umum terjadi, di antaranya:

  • Berat badan turun drastis
  • Perut kembung terus-menerus
  • Sakit kepala dan sering merasa lelah
  • Sering merasa terlalu kenyang
  • Nyeri pada perut, dan tekanan pada panggul
  • Seringkali muntah dan buang air besar
  • Pendarahan saat menstruasi yang berat dan banyak tak seperti biasanya
  • Tidak nafsu makan atau sulit untuk makan
  • Sakit punggung atau nyeri kaki
  • Periode menstruasi yang lebih dari seminggu

Tumor uterus atau tumor rahim sebenarnya memiliki 3 jenis yang setiap gejala dari masing-masing jenis berbeda. Misalnya fibroid submukosal yang berada di bagian dalam rongga rahim dapat menimbulkan lamanya menstruasi dan kesulitan untuk hamil.

Sedangkan fibroid subserosa yang ada di luar rahim sering menimbulkan tekanan pada punggung atau saraf tulang belakang, dan sering buang air kecil.

Sedangkan yang terakhir, yakni fibroid intramural menyebabkan rasa sakit di area dinding otot rahim.

Tumor uterus/rahim biasanya dapat berkembang pada wanita usia subur, akan tetapi lebih sering terjadi pada mereka yang berada di usia 30-40 tahun-an.

Namun penelitian menunjukkan bahwa wanita yang pernah melahirkan cenderung mengembangkan tumor rahim lebih besar.

Di samping itu, wanita dengan kelebihan berat badan dan wanita muda Afrika lebih rentan untuk mengembangkan tumor fibroid rahim. Alasan mengapa ini terjadi belum diketahui. Akan tetapi fakta-fakta ini telah umum diketahui.

Jadi pada intinya, ketika Anda merasakan gejala-gejala diatas, sebaiknya jangan biarkan. Lakukan pemeriksaan segera agar lebih tahu apa penyebabnya dan segera mendapat penanganan yang tepat.

Itulah informasi mengenai gejala dan tanda adanya tumor di rahim (uterus) yang mungkin harus Anda waspadai akan keberadaannya. Semoga dengan adanya informasi ini semakin meningkatkan kewaspadaan Anda, dan kalaupun gejala ini Anda alami segera periksakan diri ke dokter saat itu juga.

Karena semakin Anda menunda-nunda pemeriksaan dan pengobatan, semakin cepat pula sel-sel tumor tersebut berkembang.

Posted by : Gejala dan Tanda Adanya Tumor Di Rahim (Uterus) on Obat tradisional kanker usus

Mungkin terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *