Bahaya Kekurangan Lemak (Trigliserida Rendah) Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya kekurangan lemak (trigliserida) bagi kesehatan tubuh – Tak hanya kadar kolesterol atau trigliserida tinggi saja yang menimbulkan bahayabagi kesehatan, kekurangan lemak atau trigliserida rendah juga memiliki dampak buruk yang serius bagi kesehatan.

Bahaya Kekurangan Lemak (Trigliserida Rendah) Bagi Kesehatan Tubuh

Apa saja akibat atau bahaya kekurangan lemak (trigliserida rendah)? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Bahaya Kekurangan Lemak (Trigliserida Rendah) Bagi Kesehatan Tubuh

Lemak merupakan salah satu dari ketiga makronutrisi yang sangat diperlukan tubuh.

Meski banyak yang ingin mengurangi kadar lemak karena dapat memicu munculnya penyakit serius seperti jantung, namun di sisi lain kekurangan lemak atau kolesterol yang terlalu rendah juga tidak dianjurkan karena berbahaya bagi kesehatan.

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa ibu hamil yang memiliki kadar kolesterol terlalu rendah berisiko tinggi melahirkan bayi prematur.

Jumlah kolesterol total dan LDL terlalu rendah juga terkait dengan depresi, kecemasan dan penyakit kanker. (lifestyle.kompas.com/read/2011/02/19/)

Lebih lengkap mengenai akibat bagi tubuh jika kekurangan lemak, simak di sini!

√  Berisiko mengalami kekurangan berbagai vitamin yang memicu kulit kering

Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh para peneliti dari Colorado State University menyatakan bahwa kondisi kekurangan vitamin larut lemak memang jarang ditemukan, tetapi bukan tidak mungkin jika hal ini terjadi fungsi tubuh akan terganggu dan dapat muncul berbagai masalah pada kesehatan.

Contohnya masalah kulit, kulit menjadi kering, terlihat pucat dan kusam karena vitamin E yang baik untuk kulit jumlahnya kurang dalam tubuh.

Tak hanya itu, kekurangan vitamin D dan K juga akan memunculkan gangguan pada tulang, dan masalah pada penglihatan yang berhubungan dengan kurangnya vitamin A.

√  Merasa cepat lapar dan sering lapar

Berbagai penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi makanan sumber lemak yang sesuai kebutuhan dapat menahan rasa lapar lebih lama dan membantu mengatur nafsu makan.

√  Sering merasa kedinginan

Salah satu fungsi dari lemak tubuh adalah mengatur suhu panas atau dingin agar tetap normal. Lemak yang berada di lapisan kulit dapat menjaga tubuh dari dinginnya udara luar. Jadi tak heran jika orang kurus atau orang dengan rendah lemak akan merasaka kedinginan terutama saat berada di suhu lingkungan yang rendah.

√  Sulit berkosentrasi

Kekurangan lemak juga dapat memicu Anda sulit untuk berkosentrasi serta mudah lelah. Untuk menghindari kondisi tersebut, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung cukup lemak baik seperti dalam ikan salmon.

√  Mengganggu kesehatan jantung dan pembuluh darah

Lemak baik (HDL) berfungsi untuk mengumpulkan sisa-sisa lemak yang menumpuk di pembuluh darah dan kemudian di bawa ke hati yakni tempat metabolisme lemak dalam tubuh.

Ketika Anda menerapkan diet lemak, maka jumlah HDL / lemak baik di tubuh akan berkurang.

Padahal, kekurangan lemak baik / HDL dapat memicu beberapa masalah pada jantung.

Mengerikan bukan efek dari trigliserida/lemak darah rendah? Pun efek dari trigliserida tinggi, sama-sama berbahaya dan dapat memicu berbagai penyakit jantung dan penyakit berbahaya lainnya.

Untuk itu, satu-satunya langkah tepat agar terhindar dari bahaya trigliserida tinggi dan rendah adalah dengan selalu mengontrol kondisi Anda dan mewaspadainya jika tidak ingin hal-hal yang buruk terjadi pada diri Anda.

Tips Agar Trigliserida Berada Dalam Kondisi Normal, Tidak Tinggi dan Tidak Rendah

  1. Konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat, seperti salmon, kacang-kacangan, sayuran dan zaitun.
  2. Kurangi asupan kalori
  3. Jika berat badan berlebih, coba lakukan penurunan berat badan dengan diet sehat dan tidak menyiksa
  4. Jauhi rokok dan alkohol
  5. Olahrga teratur untuk menjaga dan mengontrol trigliserida dalam tubuh.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai Bahaya Kekurangan Lemak (Trigliserida Rendah) Bagi Kesehatan Tubuh beserta langkah yang dapat dilakukan agar terhindari dari efek buruk trigliserida yang tidak terkontrol.

Semoga Anda dan keluarga dijauhkan dari bahaya penyakit tersebut dan senantiasa sehat dan siap untuk beraktivitas tanpa gangguan penyakit apapun.

Terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa di artikel berikutnya…

Posted by : Bahaya Kekurangan Lemak (Trigliserida Rendah) Bagi Kesehatan Tubuh on http://www.obattradisionalkankerusus.stockistherbal.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *