Ini Akibatnya Jika Kadar Trigliserida Tinggi Tidak Cepat Ditangani

Ini Akibatnya Jika Kadar Trigliserida Tinggi Tidak Cepat Ditangani

Istilah trigiliserida atau lemak darah tinggi mungkin tak terdengar asing, dan mungkin saat ini Anda sedang mengalaminya langsung?

Jika memang benar Anda terbukti memiliki kadar trigliserida tinggi, sebaiknya ambil tindakan sekarang juga demi menunjang kesehatan Anda saat ini dan kedepannya, seperti dengan menyesuaikan gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Karena apa? Trgliserida tinggi yang tidak segera mendapatkan penanganan bisa memicu kondisi dan masalah serius seperti serangan jantung dan stroke.

Ini Akibatnya Jika Kadar Trigliserida Tinggi Tidak Cepat Ditangani

Tak hanya itu, komplikasi lain akibat tingginya kadar trigliserida dalam tubuh ialah berupa:

»  Munculnya penyakit diabetes yang terjadi sebagai akibat dari jumlah trigliserida yang semakin tinggi dalam sel lemak, sehingga merangsang pelepasan pada sel-sel inflamasi tertentu yang disebut dengan Cytokine ke dalam aliran darah.

» Sindrom metabolik, yakni gabungan dari beberapa komplikasi penyakit sebelumnya sepeti jantung, stroke, diabetes melitus, obesitas dan hipertensi.

»  Fatty liver atau liver berlemak, kondisi ini bisa terjadi akibat kebiasaan makan Anda yang tidak dijaga, sehingga menyebabkan banyaknya lemak di aliran darah (trigliserida). Tak heran jika trigliserida ini menjadi salah satu indikasi awal adanya penyakit fatty liver.

»   Radang pankreas, Jika kadar trigliserida Anda sangat tinggi misalnya sekitar 500 mg/dL kemungkinan yang dapat terjadi adalah peradangan pankreas (pankreatitis) yang bisa menyebabkan kerusakan jaringan secara permanen, dengan gejala berupa rasa sakit di area perut.

»  Tingginya kadar trigliserida dan kolesterol juga bisa menimbulkan masalah dikulit, seperti timbulnya rasa gatal, jerawat, bintik atau luka kecil yang terjadi di tangan, kaki, bokong, dan lengan.

Jika memang Anda mengalami trigliserida tinggi sebaiknya jangan coba-coba untuk disepelekan terutama tidak mengambil tindakan apapun untuk mengatasinya. Jika tidak, mungkin beberapa kondisi di atas akan menghinggapi tubuh Anda.

Selain dengan memeriksakan kondisi trigliserida Anda secara medis, Anda juga sebaiknya mengubah pola hidup dan makan Anda.

Mulailah dengan berolahraga atau banyak bergerak, menghindari makanan olahan serta makanan yang banyak mengandung gula, jika tidak ingin kondisi tersebut mengancam kesehatan Anda lebih agresif.

Demikian sedikit ulasan mengenai akibat atau bahaya trigliserida tinggi yang tidak segera ditangani. Semoga dengan adanya ulasan ini Anda tidak menyepelekan tanda yang diisyaratkan tubuh guna mencegah penyakit serius seperti yang telah disebutkan tadi.

Sampai jumpa di ulasan berikutnya!

Posted by : Ini Akibatnya Jika Kadar Trigliserida Tinggi Tidak Cepat Ditangani on Obat tradisional kanker usus

Baca juga : Manfaat alpukat untuk bantu menerunkan trigliserida tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *