3 Faktor Penyebab Buang Air Besar Berdarah Disertai Rasa Sakit

3 faktor penyebab buang air besar berdarah disertai rasa sakit – Ketika buang air besar ( BAB ) mendapati darah di feses atau munculnya tetesan darah segar yang disertai rasa sakit atau perih?

Kondisi ini tentu saja membuat semua orang yang mengalaminya, termasuk Anda mungkin merasakan kekhawatiran yang teramat sangat.

3 Faktor Penyebab Buang Air Besar Berdarah Disertai Rasa Sakit

Buang air besar ( BAB ) yang bercampur darah umumnya menunjukkan adanya gangguan pada saluran pencernaan.

Darah yang ada bisa sangat sedikit sekali dan bahkan ada juga yang terlihat jelas, bahkan cenderung bercampur dengan tinja.

Meski pada umumnya buang air besar berdarah diakibatkan oleh kondisi ringan atau tidak berbahaya, tetapi pada kondisi-kondisi tertentu mewajibkan Anda untuk segera mencari pertolongan medis, terutama ketika darah yang keluar begitu banyak sampai-sampai membuat badan begitu lemas.

Lantas, apa sebenarnya yang menyebabkan BAB berdarah dan disertai sakit? Simak penjelasannya di bawah ini!

Faktor Penyebab Buang Air Besar Berdarah Disertai Rasa Sakit

Umumnya keluhan BAB berdarah bisa disertai sakit ataupun tidak sakit. Adapun faktor penyebab buang air besar berdarah yang disertai rasa sakit saat buang air besar atau nyeri yang muncul di perut ada 3, yakni:

  • Wasir/Ambeien/Hemoroid

Wasir merupakan pembesaran pembuluh darah vena yang menjadi rapuh pada daerah rektum/sisi dalam usus, sehingga mudah berdarah. Dan bahkan darah sampai menetes setelah tinja keluar.

Selain menyebabkan buang air besar berdarah, wasir/hemoroid/ambeien juga biasanya disertai rasa sakit, perih, ketidaknyamanan pada anus, gatal atau iritasi, pembengkakan di sekitar anus, dan benjolan teraba lunak didekat anus yang mungkin terasa menyakitkan dan sensitif.

Baca juga : Obat herbal wasir/ambeian/hemoroid

  • Fissura ani

Fissura ani merupakan robekan atau sayatan pada lapisan anus bagian dalam sehingga ketika feses keluar, darah juga ikut keluar. Selain munculnya darah pada feses, fissura ani biasanya disertai rasa sakit atau panas saat buang air besar.

Kondisi ini biasanya terjadi akibat feses yang besar dan keras, sehingga memicu robekan atau retakan pada bibir anus yang terasa menyakitkan.

  • Crohn’s disease / radang usus kronis

Penyakit Crohn’s disease merupakan penyebab ketiga dari munculnya darah saat buang air besar. Crohn’s disease merupakan salah satu penyakit radang usus kronis yang menyebabkan terjadinya peradangan pada seluruh lapisan dinding sistem pencernaan. Mulai dari mulut hingga ke anas.

Tetapi pada umumnya penyakit ini muncul pada bagian usus kecil, tepatnya pada bagian ileum dan usus besar / kolon.

Penyakit Crohn bisa terasa menyakitkan, membuat tubuh terasa lemah, dan terkadang bisa menimbulkan komplikasi yang mengancam nyawa penderitanya.

Selain tiga faktor penyakit tersebut, penyebab buang air besar berdarah lainnya yang lebih jarang di antaranya berupa kolitis, diverticulosis, polip usus dan kanker usus besar.

Untuk itu, jangan sekali-kali meremehkan jika menemui darah pada feses saat buang air besar, terutama jika disertai rasa sakit.

Periksakan ke pusat medis segera, jika tidak ingin kondisi tersebut berlarut-larut dialami dan mengganggu aktivitas berharga Anda!

Tips-Tips Yang Dapat Dilakukan Di rumah

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan di rumah agar terhindar dari berbagai gangguan penyakit penyebab BAB berdarah, seperti:

  • Makan-makanan kaya serat
  • Minum banyak air mineral
  • Hindari duduk terlalu lama
  • Olahraga secara rutin
  • Hindari mengangkat beban terlalu berat
  • BAB di toilet jongkok
  • Jangan mengejan berlebihan atau terlalu kuat

Demikianlah informasi sederhana mengenai 3 faktor utama penyebab buang air besar berdarah yang disertai rasa sakit dan pedih. Semoga bermanfaat dan menjadikan Anda pribadi yang lebih waspada dan lebih peduli terhadap kesehatan tubuh.

Posted by : 3 Faktor Penyebab Buang Air Besar Berdarah Disertai Rasa Sakit on OBAT KANKER USUS BESAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *